Tuesday, April 24, 2007
Pendidikan Anak Jalanan
By Adhit

"...kita bicara tentang mereka yang kelaparan di meja makan..."
(etiopia, iwan fals)
lagu ini mencerminkan betapa kita selalu berbicara dari forum keforum, dari seminar ke seminar tapi mereka, dalam hal ini anak jalanan tetap "menikmati" kondisinya tapan perubahan apapun. gw tidak bermaksud mengatakan bahawa tidak diperlukan lg diskusi, malah gw ngajak sohib2 smua untuk ikut bergabung dan berdiskusi melalui forum ini. yg gw maksud adalah, mari kita bergerak, action, tidak sebatas wacana saja. mari kita bertanya pada diri kita masin g2 apa sih kontribusi yg bisa kita berikan untuk mereka(anak jalanan). memang masalah ini adalah maslah yg sangat kompleks. banyak faktor penyebab. ada yang mengatakan ini masalah mental dan moral. tapi bagi gw mental dan moral bukanlah sebab, melainkan akibat. yg menjadi sebab adalah sistem politik dan sistem ekonomi. kemiskinan yang terjadi dinegara kita adalah kemiskinan struktural.
kembali lg pad masalah pendidikan anak jalanan. kita harus berbagi tuga. bagi sohib2 yg ada dalam sistem. perbaiki sistem itu. bergerak disana. bagi yg bisa menumbangkan dana. beri fasilitas bagi kwan2 kita yg langsung terjun memberikan pendidikan terhadap anak jalanan. saya berharap kita tidak memandang anak jalanan sebagai orang2 marjinal yg harus di gusur dwan digusur seperti yang dilakukan oleh pemerintah. dan harapan saya jg pada akademisi pendidikan. agar ikut memikirkan kurikulum yg tepat untuk mereka. solusi alternatif awal dari saya adalah:
1. berikan fasilitas pada para sahabat kita yg mau terjun langsung memberiakan pendidikan terhadap anak jalanan (ini tugas utama pemerintah)
2. bentuk kurikulum yang perlu diberikan adalah
a. value education
b. life skill
3. berikan lapangan kerja pada orang tua mereka.
4. harus ada kepastian hukum berupa perda yg berisi perlindungan terhadap anak jalanan dan yg terpenting adalah tidang ada penggusuran apalagi penangkapan.
5. perlu adanya media sebagai wadah untuk penyadaran dan pemahaman masyarakat tentang kondisi anak jalanan yg sesungguhnya.
6. bangun jaringan bersama.
saya berharap ada solusi2 lain dari kwan2 semua. yang lebih baik dan lansung menyentuh pada akar permasalahan. terakhir, pendidikan adalah syarat mutlak untuk membangun sebuah bangsa.
 
posted by Komunitas Nusantara at 10:41 AM | Permalink |


0 Comments: